Cuan setelah jam kerja, modal paket internet laptop begadang dan headset Perkenalkan : Transcriber , Audio to text #Titikcuan

Cuan Setelah Jam Kerja pekerjaan transcriber dari titik luncur

Jadi makin pintar usaha sendiri

Gratis berlangganan newsletter yang kami kirimkan 1 minggu sekali berisi berbagai informasi dan tips usaha sendiri.

Cuan setelah jam kerja modal laptop, paket data internet , earphone atau headset , tentu bisa !
Pekerjaannya mudah yaitu mengetik audio file ke text file, sederhana namun butuh ketelitian, perkenalkan nama pekerjaan ini : Transcriber 

Dengan upah pertugas bervariasi namun pada umumnya di angka $US 8 (Rp. 120.000 / tugas dengan kurs Rp. 15.000) sehingga jika bisa menyelesaikan ratusan tugas bisa dapat pendapatan hingga sampai 14 juta sebulan

Transcriber adalah seseorang yang membuat salinan tulisan dari konten lisan atau rekaman. Singkatnya, seorang transcriber harus mengubah sebuah suara menjadi teks tanpa transkripsi otomatis.

Untuk apa sih perusahaan cari jasa transcriber ?
Biasanya perusahaan media video dan media sosial yang butuh jasa ini untuk “mengajari” machine learning agar bisa membuat subtitle otomatis dengan baik. jadi kalau lihat youtube atau media video lain yang punya fitur terjemahan subtitile jago banget sebenarnya text itu diinput oleh manusia agar artifical intelligentnya bisa memberikan output yang tepat

Manusia dianggap lebih  akurat dalam mengerjakan pekerjaan ini dibandingkan menggunakan mesin atau software transkrip otomatis.

Software transcribe sering salah saat menguraikan audio menjadi text pada saat bertemu dengan aksen daerah atau seseorang yang berbicara terlalu cepat.

Cara kerja profesi ini dengan mendengarkan sebuah audio, misalnya pidato atau sebuah narasi. Setelah itu, dengan cepat formatnya harus diubah dengan menuliskannya melalui sistem ketik.

Jenjang Karier Transcriber

Walau pada umumnya status pekerja transcriber adalah pekerja lepas atau freelance, ada jenjang karier yang berpengaruh terhadap pendapatan dan tugas tanggung jawab seorang pekerja.

Tingkat pertama adalah sebagai : 

Transcriber : pekerjaan utama mengetik yang didengar biasanya dalam bentuk audio atau video. Lama audio bervariasi ada yang dibawah 1 menit ada juga yang diatas 5 menit.

Upah per tugas sebagai transcriber paling besar namun karena harus mengetik dan memperhatikan audio dibutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan satu tugas.

Tingkat kedua adalah sebagai Quality Assurance : Pekerjaan utamanya adalah memeriksa hasil kerja transcriber dengan cara mendengarkan file audio dan membandingkan dengan ketikan yang ada.

Upah per tugas sebagai Quality Assurance lebih sedikit dari transcriber namun jumlah tugas yang bisa diselesaikan lebih banyak sehingga berpotensi mendapatkan pendapatan lebih besar dari transcriber.

Tingkat ketika adalah sebagai Supervisor : bertugas untuk mengawasi kualitas pekerjaan transcriber dan Quality Assurance dan juga memastikan jumlah tugas yang diberikan ke sebuah group terselesaikan dalam periode waktu yang ditugaskan.

 

Metode Kerja

Metode kerja transcriber cukup unik, karena kerjanya rebutan, alurnya kurang lebih seperti ini :

  1. Supervisor atau project manager akan mengumumkan jumlah tugas yang harus diselesaikan pada periode waktu tertentu. Contoh 10.000 file audio harus selesai dalam 1 minggu
  2. Lalu Transcriber akan rebutan untuk menyelesaikan tugas sebanyak mungkin.
  3. Pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh transcriber secara otomatis akan tampil di aplikasi website milik Quality Assurance untuk diperiksa. Bila kualitas pekerjaan dianggap baik maka akan ditandai baik dan bila kualitas pekerjaan dianggap jelek maka pekerjaan akan dikembalikan kepada transcriber untuk diperbaiki.
  4. Pembayaran akan dilakukan pada akhir bulan sesuai dengan jumlah tugas yang sudah diselesaikan dengan baik

Potensi Pendapatan

Seorang transcriber dibayar per tugas yang selesai dan berkualitas baik. Dengan upah pertugas bervariasi namun pada umumnya di angka $US 8 (Rp. 120.000 / tugas dengan kurs Rp. 15.000) sehingga jika bisa menyelesaikan ratusan tugas bisa dapat pendapatan hingga sampai 14 juta sebulan

Jadi makin pintar usaha sendiri

Gratis berlangganan newsletter yang kami kirimkan 1 minggu sekali berisi berbagai informasi dan tips usaha sendiri.