Yuk Kerja Gak Dibayar #Titikilmu

Yuk kerga gak dibayar titikluncur

Jadi makin pintar usaha sendiri

Gratis berlangganan newsletter yang kami kirimkan 1 minggu sekali berisi berbagai informasi dan tips usaha sendiri.

Ada 2 kata yang penting untuk diingat : Tak kenal maka tak sayang dan A partner is a game changer artinya seorang partner adalah seseorang yang menghasilkan perubahan positif yang besar (profit, penghematan, keahlian, dll)

Sering ada pertanyaan, “kenapa anak fresh graduate selalu dibayar murah padahal secara keahlian gak kalah bahkan bisa lebih jago daripada yang sudah lebih senior ” . Jawabanya adalah Reputasi dan Portfolio

Anak freshgrad walau mungkin lebih jago, belum punya reputasi sedangkan yang lebih senior sudah punya reputasi yang terbukti dan portfolio yang bisa dilihat.

Lalu apa hubungannya dengan kerja gratisan ? tulisan ini adalah sharing singkat mengenai pandangan terhadap kerja gratisan atau dalam bahasa kerennya Pro Bono 

Dahulu banyak orang menasehati “Jadi kamu kerja gratis brow ? gak dibayar ? bodoh amat lu ! jangan mau dong ! “. Dalam hati  menimbang ; apakah iya itu bodoh ?

Akan selalu ada lebih banyak pintu kesempatan yang terbuka dengan lebih banyak mencoba.

Akan kenal lebih banyak orang berpengaruh dengan lebih banyak mencoba.

Ini ilustrasi saya.

Di jaman manusia purba mencari makan sangatlah sulit, manusia harus menghabiskan banyak waktu untuk berburu dan belum tentu mendapatkan hasil setiap kali berburu, disini manusia purba bekerja keras  (work hard)  untuk mendapatkan hasil buruan, hingga suatu saat manusia purba ini mendapatkan ide untuk membuat jebakan binatang di kawasan yang sering dilalui oleh binatang buruan, disini manusia purba bekerja pintar (work smart). Dengan menaruh jebakan binatang di tempat tempat strategis, manusia purba memperbesar probabilita sukses mendapatkan hasil buruan.

Ilustrasi diatas cukup jelas menggambarkan apa yang dimaksud bekerja  keras (work hard) dan bekerja pintar (work smart).

Pertanyaan saya, jika manusia purba melompati tahap berburu dan langsung menaruh jebakan binatang , apakah ini berarti manusia purba langsung work smart ? Jawaban saya adalah tidak.

Penjelasannya adalah untuk menaruh jebakan binatang di tempat strategis diperlukan pengalaman. Jebakan binatang tidak bisa ditaruh di sembarang tempat, untuk hasil maksimal maka jebakan binatang perlu ditaruh di dekat sarang binatang, dibawah pohon buah kesukaan target buruan dan pengetahuan lainnya yang hanya bisa didapat melalui kegiatan berburu.

Jadi bekerja keras (work hard) menciptakan pengalaman dan pengetahuan yang kita butuhkan untuk mencari atau menggunakan alat – alat atau metoda baru agar melipat gandakan hasil kita. Ini adalah bekerja pintar (work smart).

Istilah “Work hard vs Work Smart” menjadi tidak relevan lagi karena Work hard diperlukan agar bisa Work Smart.

Kembali ke manusia purba, setelah jebakan binatang di pasang dan manusia sudah work smart apakah work hard berhenti ? tentu saja tidak manusia purba masih harus bekerja keras menyempurnakan jebakan bintangnya dan mencari pengetahuan baru tetang binatang buruannya.

KENALI DIRI SENDIRI

Dengan semua keterbatasan dan level yang masih newbie maka saya perlu membuat diri bisa dikenal oleh orang-orang besar yang sudah lebih dulu berhasil maka saya pun melakukan langkah-langkah ini.

  • Tak kenal maka tak sayang

Ketika ada kesempatan dimana seseorang yang lebih senior dari kita meminta pertolongan keahlian dalam hal pekerjaan maka pada umumnya saya akan dengan senang hati membantu. Saya akan membantu seakan-akan saya dibayar besar tujuannya adalah untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian dan memperkaya pengalaman.

  • A Partner is a game changer

Pada saat membantu seseorang maka saya akan bisa menilai diri sendiri, apakah kehadiran saya memberikan pengaruh positif yang besar atau tidak ada pengaruh apa-apa.

Contoh pengaruh yang besar seperti :

  • Apakah kehadiran saya meningkatkan omzet perusahaan
  • Apakah kehadiran saya membuka lini bisnis baru
  • Apakah kehadiran saya meningkatkan penghematan yang besar
  • Apakah kehadiran saya membawa teknologi / keahlian baru 


Di saat berinteraksi memberikan bantuan (kerja gratis) kita pun sebenarnya sedang menilai ; apakah orang yang kita bantu ini cocok untuk menjadi calon bos/calon investor kita ? apakah bidang usaha ini cocok dengan kita ?

Selain kita menilai kita juga sebenarnya sedang mengumpulkan ilmu, pengalaman dan network yang berharga.

Jadi sebenarnya melakukan kerja gratisan bukan berarti kita bekerja tanpa dibayar sebenarnya kita dibayar hanya saja tidak dalam bentuk uang tapi dalam bentuk ilmu, pengalaman dan network bisnis.

KERJA GRATISAN BISA MENGHASILKAN

Walau bersedia untuk bekerja secara gratis bukan berarti  tidak mencari uang.

 Penekanan utama terletak pada profit sharing. Dengan melakukan profit sharing , bidang usaha ini bisa dinilai apakah menguntungkan atau tidak dan di sisi lain kecocokan kepribadian dan cara kerja calon partner/investor/bos juga dinilai.

Ada masa dimana sudah banting tulang peras keringat dan tidak menghasilkan apa-apa, disini bisa disimpulkan bahwa memang usaha ini tidak cocok, ada juga masa dimana kerja keras menghasilkan sangat besar namun pembagian keuntungan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Ini berarti tidak ada kecocokan antara saya dengan calon partner/bos/investor.

SAATNYA KERJA UNTUK UANG

Akan ada masanya dimana kita sudah tidak menjadi newbie di suatu bidang usaha pada saat itulah kita bisa menolak kerja gratisan. Melakukan pekerjaan secara gratis hanyalah salah satu cara untuk membuka sebuah pintu kesempatan dengan membangun reputasi, portfolio dan mencoba usaha tersebut. 

Akan lebih banyak usaha yang tidak cocok  daripada yang cocok memang begitulah kehidupan namun pada saat kita menemukan yang cocok itu akan menjadi sebuah usaha besar.

Bahkan ada kasus dimana nama kita sudah dikenal untuk suatu bidang usaha maka project datang dengan sendirinya mencari kita dan tentu saja untuk kejadian seperti ini kita kenakan biaya untuk pekerjaan tersebut.

Kesimpulan : 

Akan selalu ada lebih banyak pintu kesempatan yang terbuka dengan lebih banyak mencoba.

Akan kenal lebih banyak orang berpengaruh dengan lebih banyak mencoba.

Jadi makin pintar usaha sendiri

Gratis berlangganan newsletter yang kami kirimkan 1 minggu sekali berisi berbagai informasi dan tips usaha sendiri.